Hati yang Terkelupas



Sakit hati.
Sampe sekarang gue merasa sakit hati adalah luka yang paling dalam selain sakit gigi. Hanya aja kekuatan dari sakit hati ini lebih dahsyat dari sakit apapun. Sakit hati bisa buat manusia menjadi lupa diri. Lupa dirinya adalah manusia, lupa cara memanusiakan manusia. Banyak kasus pembunuhan didasari sakit hati, bahkan dari jaman dulu hingga sekarang. Sungguh, penyakit paling berbahaya di muka bumi.

Sakit Hati,.
Gue berulang kali mikir apa sih penyebab sakit hati, dan sampe sekarang yang gue simpulkan satu : PERASAAN. Karena manusia punya perasaan, manusia gampang terkena penyakit ini. Sakit hati sangat kejam, bisa menyerang siapa saja tanpa kenal waktu. Sakit hati kadang datang tiba-tiba saat dirimu sedang melambung tinggi. Jika ia datang saat itu, sakitnya jauh lebih sakit daripada sakit hati biasa.

Gak lama dari hari ini, temen gue cerita. Dia baru aja putus sama pacarnya. Waktu itu gue abis kumpul eskul sama dia. Gatau kok bisa mulai darimana, tiba-tiba kita bahas mantannya.
“Jadi gue udah curiga sama dia, Ra.”
Gue mangut-mangut, “Lah kok bisa deket sama temen seangkatannya?”
“Jadi, mereka tuh suka main bareng, sering ketemu gitu, secara mereka satu sekolah, sedangkan gue? beda sekolah sama dia. Dia juga sering boncengan sama tuh cewe.”
“Mantap, terus gimana kok lu bisa tau?”
“Kita doubble date, dan gue ngerasain hal itu, ada yang aneh dari mereka berdua. Tragisnya akhirnya dia ngaku dan bilang ke gue ‘Jangan gangguin gue sama pacar baru gue’ bayangin aja, Ra, gue waktu itu masih pacarnya.”
Edan.
Gue menghela napas. Cowok macam apa itu?! Jahat bener. Batin gue. Temen gue, panggil aja Rani, wajahnya sih biasa-biasa aja, dia aja senyum-senyum mesum gitu di sebelah gue. Gue aja rada takut sebenernya, mungkin inilah efek dari orang patah hati ya? Tapi sebagai sesama wanita gue seakan bisa ngerasain sakit yang dialaminya saat itu. Dahsyat banget, sakit hati emang bisa nular melalui ludah dan udara (kan dia ngomong ngeluarin idu sama abab, kan?)

Ngomongin sakit hati. Gue jadi inget kejadian di masa lalu gue.
Gue waktu kelas 6 SD daftar les di Bimbel di kota gue. Gue orangnya males belajar semenjak suka sama Super Junior, gue lebih sering nongkrong di warnet buka youtube terus bayangin nikah sama Donghae, personil Super Junior. Bahkan gue sampe mimpi dilamar Donghae di atas kapal serba pink. Nah, waktu gue les awalnya gue gak antusias. Tempat lesnya bangunan Belanda gitu, jadi ga menarik. Gue juga jarang ikut evaluasi tes, sampe rank gue jebol gara-gara ga pernah ngisi lembar jawab. Namun, gue berubah saat dia datang.
Saat itu kelas lagi pelajaran, gue juga lagi sibuk nggambar model-model kolor buat Superman. Gue prihatin sama kolor merah Superman, gue gatau Superman lagi irit apa emang kolornya sama semua, tapi yang jelas gue mau buatin desain kolor buat Superman. Kerjaan cupu itu gue lakukuin setiap les. Tiba-tiba pintu diketuk, dan pak Guru mempersilahkan masuk. Awalnya gue ga peduli siapa yang dateng telat, gue masih sibuk mendesain kolor bertanduk yang menurut gue bakalan efektif kalau buat nyerang musuh. Bayangin aja Superman bakalan punya senjata di mana aja. Gue menatap dia sekilas, dan dunia pun berhenti.
DIA GANTENG.
Mungkin gue ga mengedipkan mata sama sekali saat itu, dan dia mampu menghipnotis gue. Segala model kolor yang gue rancang jauh-jauh hari lenyap, otak gue yang isinya donghae mulai terisi oleh wajahnya. 
GUE TERPESONA!
Ternyata dia murid baru, pindahan dari kelas sebelah. Namanya Aldi, dia tingginya sama kaya gue. Kulitnya putih, matanya sayu, dan bibirnya merah. Wajahnya kalem, dan dia juga pendiem. Gue diem-diem memperhatikan dia dari jauh. Kursinya dan kursi gue satu baris Cuma dia di pojok kanan gue di kiri tepat di sebelah jendela yang mengarah ke kandang bebek.
Selesai les, temen-temen nyuruh gue buat ngajak kenalan dia. Mereka bilang gue murid paling berani diantara yang lain jadi tugas menyapa pertama kali dilemparkan kepada gue. gue sih fine-fine aja, selama ini gue ga pernah malu nyapa orang duluan.

DUGAAN GUE SALAH!
Gue ga bisa jalan mendekati dia. Gue membeku. Tangan gue dingin sedingin es di kutub utara. Gue gatau kenapa, tapi buat mendekati dia susah sekali. Seperti ada dinding diantara kami. Temen-temen gue terus maksa buat ngajak kenalan, tapi gue tetep ga yakin. Akhirnya gue didorong ke arah dia. Dia ngeliat ke gue, dan gue ngeliat ke dia. Muka gue yang bloon mungkin membuat dia agak sedikit takut, dikiranya gue rabies, jadinya dia agak mundur dikit. Gue gatau harus gimana, tapi udah terlanjur ndeketin jadi gue mencoba berani.
“Hai” gue beneran ga bisa menatap wajahnya. Gue terlalu malu buat liat mukanya, dan dia juga ga natap gue. bukan, bukan karena dia malu liat muka gue, mukanya gue aja yang malu-maluin.
“Hai” dia membalas.
“Eh, anu, ehmm.. eh.. ah… ummm” omongan gue jadi gagu, kaya model di iklan iklan obat batuk, sayangnya gue model lansianya. Sial. Gue natap temen-temen gue, mereka menatap gue seakan bilang ‘Cepet ngomong lo cupu!’ gue sempet berdehem, kemudian gue lanjutin “Kamu ranking berapa?”
JEDER.
BEGO.
GUE NGOMONG APAAN TADI?!
Gue kaget sendiri, yang gue omongin jelas-jelas ga nyambung. Hancur image gue di depan Aldi saat itu juga. Gue berasa meleleh, bagai lilin yang dipanaskan. Muka gue bagai kaca yang pecah, dan behel gue rasanya udah karatan.
“Sebelas, kamu?” jawab dia lirih.
Sebenernya gue agak senang dia mau jawab, tapi keselnya, KAN RANKING GUE ANJLOG GARA GARA GA PERNAH IKUTAN TES. Gue jadi bingung sendiri mau jawab apa, akhirnya gue lari pergi meninggalkan dia. Gue sempet takut, besok dia bakalan nganggap gue aneh,  atau besok dia bakal jijik liat gue, atau ekstrimnya dia gajadi pindah kelas gara-gara takut sama gue. Gue gatau harus gimana, ini adalah perasaan aneh pertama yang gue alamin dan Cuma ke dia doang gue segugup ini.

***

Besoknya, gue pikir dia bakalan pindah dan gamau ketemu gue lagi, ternyata gue salah. Aldi masih tetep berangkat, dia masih sama kaya biasanya, wajahnya yang manis, gaya rambutnya yang klimis, tatapannya yang sayu, dan masih sama membuat gue berdebar-debar. Gue senang dia gak menatap gue jijik, karena sama sekali dia ga natap gue sih wkwkwk. Gue sempet mikir, kayanya gue bakalan rajin les.
Ternyata bener, gue jadi rajin les. Gue rajin belajar. Gue deketin dia lewat facebook, gue add dia. Gue inbox aja deh dia.

HAI ALDI, AKU ARA. CEWE YANG SUKA PAKE BAJU PINK PAKE JILBAB SUKA NGELIATIN BEBEK SOALNYA DUDUKNYA DI POJOK DEKET JENDELA. OIYA, AKU YANG PAKE BEHEL ITU LHO.

Cupu abis dan sialnya gue baru sadar surat itu sama sekali ga keren baru-baru ini. Saat kirim inbox itu gue pikir gue harus deskripsikan gue gimana, biar dianya jelas, padahal foto profil gue waktu itu udah ngejelasin gue yang mana.
Akhirnya dateng juga balesan dia,

HAI ARA, AKU ALDI. SALAM KENAL YA.

Gue senyum. Jantung gue berdebar kencang. Dan dimulailah kita jadi teman. Waktu di les-lesan, gue sama dia kaya orang ga kenal, gue tetep duduk di pojok, begitu pula dia. Gue masih suka ngliatin bebek dan dia masih diem aja seperti biasa, beda banget saat chat, kita rame, seru-seruan. Gue semakin mantap buat belajar. Gue gamau rank gue kalah dari dia, gue mau dapet ranking 5 besar. Gue pun berhasil.

***
Waktu UN gue bener-bener belajar dengan sungguh-sungguh. Gue pun mendaftar masuk SMP Paling Favorit di daerah gue. waktu itu gue ga punya temen di sana, gue merasa asing waktu tes di SMP Favorite. Waktu gue lagi jalan-jalan di sekitar SMP gue liat Aldi! Gue tau dia juga pengen masuk ke SMP ini. Gue jadi bayangin kalau kita satu sekolah, main bareng. Gue bener-bener ga sabar buat jadi siswa disini tentunya bareng Aldi…
Ternyata Aldi ga keterima di sini. Gue sempet galau, abisnya gue berjuang belajar demi dia. Gue sempet berdoa dan menyalahkan Tuhan kenapa Cuma gue doang yang diterima, padahal doa gue juga buat dia. Walaupun ga satu sekolah, gue masih kontakan sama Aldi lewat SMS. Aldi orangnya baik sekali, dia juga lucu, dia beda dari yang gue bayangkan sebelumnya, pendiem. Gue semakin suka sama Aldi.
Suatu saat gue nelpon Aldi, gue mau pinjem bukunya eh yang angkat ibunya.
“Halo, Aldi, aku mau pinjem buku TIK dong”
“Eh, maaf Aldinya lagi main, mas”

MAS.
SEKALI LAGI, MAS.
….

Hening. Gue sempet hening dipanggil calon mertua mas. Sakit juga sih. Terus gue tutup telponnya. Asem, batin gue. Suara gue emang terlalu jantan ya sampe dipanggil mas? Pikir gue.

***

Di akhir kelas 7 gue sempet lost contact sama Aldi. Sama sekali ga tau keadannya. Dia seakan pergi dari gue secara tiba-tiba. Dia menghilang. Gue rindu banget sama dia, gue inget dulu sampe ada cewe nglabrak gue gara-gara gue dikira pacarnya Aldi, dan Aldi belain gue.

Gue selalu ingat senyuman Aldi, walaupun dia pendiem, dia pernah senyum, dan gue selalu inget senyuman itu. Gue juga selalu ingat, ketika cowo-cowo di les ribut, bikin onar, Cuma Aldi yang tetep diem nyatet tulisan di papan tulis. Gue suka Aldi, cowo kalem yang ga suka buat onar. Semua tingkah dan kenangan sama Aldi walaupun lewat sms gue masih inget. gue menulisnya dalam diary, bahkan satu buku isinya Aldy semua.

Yah… gue jalanin masa-masa smp gue berikutnya tanpa Aldy. Aldy masih satu kota dengan gue, gue tau sekolahnya dimana, tapi gue ga berani ngejar. Gue terlalu takut buat ngadepin dia langsung. Gue bukannya takut, gue Cuma cemen, gue ga ada nyali buat jujur sama perasaan gue sendiri. Aldi ga pernah tau gue selalu doain dia, Aldi ga pernah tau gue dapet ranking karena dia, Aldi ga pernah tau gue masuk SMP juga karena dia, dan Aldi ga pernah tau perasaan gue ke dia kaya gimana. Dan akhirnya gue ga pernah ketemu Aldi lagi, setidaknya gue masih berharap Aldi bakal inget janjinya, karena hanya itu satu-satunya cara gue ketemu dia lagi.

“Aldi, kalau Ara main drama, Aldi nonton ya?”
“Siap, Aldi bakal nonton.”

Janji itu sebeenrnya malah bikin gue sakit, nyatanya ia hilang duluan sebelum janji itu terlaksana. Ah, memang sakit hati datang tiba-tiba ya?

Comments

Popular posts from this blog

REVIEW FILM PENDEK AGUNG HAPSAH : Agen Resep Rahasia

Aku Ingin Bersyukur,

Omong Kosong Jilid 1