Primitif Backpackers Vol. 1

Hari ini agak ajaib bagi gue dan lumayan melelahkan. Ga ding. Gue enjoy kok hari ini hehehe.

Hari ini gue memutuskan buat ngelakuin hal yang belum pernah gue lakuin. Bukan, bukan boker sambil sikap lilin. Karena hari ini gue memutuskan jadi seorang BACKPACKER. Mantap. Gue rasa seorang backpacker itu keren, bisa kemana aja dan ga pernah terikat sama deodorant juga. Dan gue hari ini mau jadi seorang backpacker sejati.

Aslinya yang diajak ada 4 orang dan ditambah satu kakak kelas. Tapi 2 orang temen gue ternyata ada kerja kelompok dan kakak kelas gue, Mas Hanif ternyata ada acara. SUMPAH GUE KESEL BANGET YANG INI. PHP GILA.

Sasa : “Ra, seriusan ini Cuma berdua?”
Gue : “Emang mau ngajak siapa lagi?”
Sasa : “Semoga ini gak jadi mimpi buruk kita…….”

Sejujurnya gue sama Sasa bukan orang yang cukup normal untuk bersurvive sendiri. Kita berdua Cuma bocah ingusan penggemar Oppa Oppa Korea dan berfantasi suatu saat jadi istrinya. Miris.

Penampakan Muka gue dan Sasa saat numpang foto di kamar pas.

Gue sama Sasa sendiri udah kenal sejak SD, jaman gue belum tau apa itu cinta, taunya apa itu cincau. Serius deh cincau itu enak banget! Kita sejujurnya udah terlalu penat terhadap sincostan beserta segala macam rumus rumus yang ga ada abisnya muncul di setiap kertas yang dibagikan pengawas ujian. Dua minggu ini ditambah minggu depan bakalan ada banyak tes, dan kami pun memutuskan buat hengkang sejenak.

DAN TERCIPTALAH PRIMITIF BACKPACKER.

Rencana awal itu simple. Beli tiket Pramek ke Solo, naik kereta, sampe di Stasiun Purwosari, jalan jalan menyusuri jalan Slamet Riyadi. Sejujurnya rencana itu akan berjalan lancar kalau saja…

Gue dan Sasa buru-buru naik kereta. Semua tempat penuh. Sial. Batin gue. Akhirnya gue menemukan tempat kosong, di depan mbak-mbak make masker. Gue ga ngerti kenapa dia maskeran padahal kereta ber AC.
Sasa : “Ra, ada kabar buruk”
Gue : “Apaan weh”
Sasa : “Gue gabawa uang”
Hening.
Gue mikir mau ketawa apa marah.
Gue : “EDAAAAAANNN TENAAANNN!!!!”
Gue menatap Sasa penuh rasa gondok, pengen gue lempar rasanya dia dari kaca saat itu juga. Apalagi di kca ada tulisan “PECAHKAN KACA” pas sekali. Sedangkan Sasa meringis santai.
Gue : “EH SERIUSAN INI?”
Sasa : “IYALAH MASA GUE BOONG, NIH LIHAT DOMPET GUE CUMA ADA TIGA PULUH RIBU”

Gue mulai gabisa bedain antara orang oon dan orang nekat. Sumpah saat itu gue pengen bakar dia terus gue lempar dari kaca.

Kereta pun berjalan. Gue masih gondok. Sasa masih gaada uang. Kemudian,  Sasa menyadari hal buruk lagi, dia ga bawa ATM. Dan gue makin ga bisa bedain antara orang oon, orang nekat, dan orang minta ditampol. Shyyytttzzz

Gue akhirnya nyuruh dia segera hubungin bokapnya. Gue sendiri sangu juga Cuma 200ribu. Dan gue ga megang ATM jadi gue berharap banget dia juga bawa uang. Akhirnya kita buat planning. Pertama, cek dua ATM cadangan yang dibawa Sasa. Dari tampangnya gue yakin maling ga bakal tertarik.

Kartu ATMnya udah ga berbentuk kartu secara normal, udah buluk dan kayanya pantes dijadiin kartu YUGIOH buat ditampol tampol. Dengan tenang Sasa bilang, “Jangan menilai sesuatu dari luarnya…. Ra…”

Planning kedua adalah kakak kelas. Cari kakak kelas yang di Solo dan mentransfer uang lewat e-banking ke atm kakak kelas itu. Dan Planning ketiga, irid abis-abisan.

Di perjalanan gue dan Sasa asyik mengobrol. Gue rasa 3 planning tadi cukup membuat gue yakin, gue bakalan bisa bertahan hidup di Solo nanti. Gue mencoba percaya dua kartu ATM buluk punya Sasa. Saat gue lagi nyari hape gue ditas, kaki gue nyenggol tempat minum dan jatuh pas di sepatu penumpang depan gue. Kali ini kayanya bakalan gue yang dilempar lewat jendela.
Mbak mbak itu ngliatin gue, dan gue gatau dia ngedumel apaan di balik maskernya. Gue rasa gue sekaarang mulai tau fungsi masker yang dipake. Akhirnya pun gue minta maaf, gue kasih tisu ke mbak-mbaknya dan mencoba se-friendly mungkin agar ga dibuang lewat jendela dan nampaknya ide gue berhasil mbak-mbaknya kembali stay cool dan menatap ke jendela. Sementara itu firasat gue udah mulai ga enak untuk perjalanan kali ini…

***
Akhirnya sampai juga.

Gue sampai di Solo tepatnya di Stasiun Purwosari jam 9nan. Dan tujuan pertama kita adalah cari Bank. Akhirnya kami memutuskan jalan menyusuri jalan mencari bank.

DAN SEPERTI YANG SUDAH GUE TEBAK. ATMNYA GA BERFUNGSI. Gue udah yakin banget ATM kaya gitu lebih pantes buat dijadiin kartu Yugioh. Gue pun menyuruh Sasa segera menghubungi kakak kelas. Dengan santainya kemudian Sasa berkata “Gue gaada pulsa, ga bisa hubungin Mbak Linda” rasanya gue nyesel tadi ga lempar Sasa dari jendela tadi.

Kami balik lagi ke Stasiun, beli pulsa. Duit 30 ribunya dipake 15 ribu buat pulsa. Akhirnya dia berhasil menelpon Mbak Linda. Tujuan gue kemudian adalah ke UNS. Karena jarak UNS dan stasiun jauh, gue memutuskan mesen gojek.

Gue : “Sa, pesen gojek”
Sasa : “Gue gaada gojek, Ra, adanya Grab Car…”

Gue bener-bener nyesel tadi ga lempar dia dari kereta. Hati gue menjerit, KALAU ADA MESIN WAKTU GUE BUTUH SEKARANG YA TUHAN.

***

Kami pun sampai di UNS. Masalahnya ternyata belum selesai, kami berdua ga tau UNS dan kami berdua ga tau tempat kosnya Mbak Linda. Setelah bercekcok ria akhirnya kita memutuskan ketemuan di Masjid. Mbak Linda pun datang membawa kejutan~~

Ia pun ngajak kita ke ATM ambil uang. Saat saat menunggu Mbak Linda keluar ATM adalah hal yang paling membahagiakan bagi hidup gue dan Sasa. Bagai diterpa angin dari surga, disinari cahaya dari langit, Mbak Linda keluar dengan uang 200ribu.

Dan terjadilah serah terima ini :





Kami pun mampir ke kos Mbak Linda. Mbak Linda seakan tahu panggilan perut kami, dia ngasih kita roti cemilan.

Mbak Linda : “Kamu kelas XII kan dek”
Gue : “Iya Mbak, hehehe”
Mbak Linda : “IPA kan?”
Gue : “Iya Mbak”
Mbak Linda : “Oh pantes kaya pernah lihat, hehehe”
Gue : “Loh kita pernah ketemu ya mbak?”
Mbak Linda : “LAH, KAN AKU DULU SMANSA”

DEG! BEGO. MATI GUE.
Waktu seakan berhenti.
Petir menyambar dari kejauhan.

Gue pun meminta maaf karena beneran ga tau soal kejadian tadi. Dan Alhamdulillah dimaafkan. 

Kemudian obrolan berlanjut.

Mbak Linda : “Oh kalau arsitek angkatanku kayanya jarang”
Gue : “Angkatannya setahun di bawah mbak, setahun diatas ku ada yang arsitek UGM mbak”
HENING.
Gue dengan polosnya nyerocos : “Ituloh Mbak Nabila”
Sasa natap gue aneh.
Mbak Linda : “Lah kan… aku baru masuk tahun ini…. Seangkatan sama Mbak Nabila…”

Ya Tuhan, kayanya gue emang beneran butuh mesin waktu deh….

***
Akhirnya perjalanan backpackeran kita dimulai. Dari Solo Technopark kita melaju dengan mas mas gojek menuju Patung Slamet Riyadi. Perjalanan begitu terasa cepat. Dan kita Cuma bayar 6000 doang. Sementara itu kita jalan jalan di deket Sekaten. Dan ta-da!! Kita beli es krim potong. Rasanya lumayan, dan gue emang suka banget es krim. Kemudian kita meneruskan perjalanan ke BRI. 

Tempatnya klasik banget, da nada sebuah tempat yang pengen banget gue foto disitu.

Yang terjadi : Ada anak anak SMP godain kita. “Mbak, Mbak, ayo foto aku, Mbak”
Sasa bisikin gue, “Ra gue takut” dan dengan santai gue jawab, “Tenang kita kan kakak kelas.”
Kami pun berjalan ria di sepanjang jalan Slamet Riyadi.







Selain foto-foto dan update di Snapgram atau Snapchat, kita selalu digodain Om Om tukang becak.

Mereka nanyain mau kemana pada awalnya. Ngasih tau arah dan mulai menceritakan betapa jauh dan meleahkannya kesana dengan berjalan kaki. Kemudian, mereka akan menawarkan becak dengan harga yang kata mereka sangat amat murah buat anak kaya kita.

Gue mulai hapal tabiat Om Om Tukang Becak, dan gue cape tau ga L 

Gue akhirnya memutuskan tetap jalan lurus tanpa bersikap ramah. Kemudian tiba-tiba ada tukang becak yang manggil-manggil gue. Gue udah cukup lelah untuk menjawab setiap pertanyaan “Mau kemana mbak atau sebagainya. 

Gue pun Cuma diem. 

Tukang Becak itu ternyata ga menyerah masih manggil gue. Gue tetep diem, dan ketiga kalinya dia manggil gue. Gue pun menoleh keaarahnya dan bilang “Gak Pak” dengan tatapan sinis.


“WOI MBAK SAYA NYURUH MBAKNYA MINGGIR, ITU DIBELAKANG ADA BECAK MAU LEWAT NANTI KETABRAK GIMANA??!!” seru Tukang Becak itu.

Semuanya ketawain gue, om om tukang parkir, tukang becak yang lain dan termasuk Sasa.



****

Perjalanan pun tetap dilanjutkan dengan berjalan dan inilah beberapa hasil dari hari ini :











Ternyata emang, hidup ini tak semulus paha SNSD! Menyusuri jalan Slamet Riyadi bikin capek, pada akhirnya gue dan Sasa memutuskan buat mampir di Solo Grand Mall. 

Depannya ada Richiez Factory serius gue pengen coba karena gue belum pernah sih hehe, tapi penuh banget akhirnya gue dan Sasa makan di Solo Grand Mall. 

Sekitar jam 3 kurang gue langsung cabut ke Stasiun, kita pokoknya ga boleh ketinggalan kereta!

KITA GA BOLEH KETINGGALAN KERETA
GA BOLEH KETINGGALAN KERETA
BOLEH KETINGGALAN KERETA
KETINGGALAN KERETA,...

SIAL. Ternyata tiket pramek udah habis. Dan gue sama Sasa terancam ga bisa pulang!!

Harga tiket kereta yang lain 104000 dan ini warbyazah sekali buat gue dan Sasa yang ga punya uang banyak. Kita pun segera mencari informasi soal kereta yang lain, dan akhirnya berhasil juga.

Jam 05.15 Kereta Jaka Tingkir ke Kutoarjo dengan tarif 40ribu.'

Walaupun agak mahal dibanding yang sampe seratusan mending ini bangetlah.
Masalah berikutnya adalah waktu menunggu jam 04.00 lamaaa... gue juga tiba tiba kebelet pup. 
Gatau kenapa tiba-tiba mules dan mendambakan suasana ketenangan WC. 

Di depan Stasiun ada Hotel Robinson yang juga merupakan tempat belanja. Gue memutuskan kesana demi memenuhi panggilan alam. Saat udah mencapai toilet kebahagiaan gue tetap tak kunjung datang. Tertulis dengan jelas disana :

MAAF TIDAK UNTUK BUANG AIR BESAR.

Sakit.
Tapi.
Tak
Berdarah.

Karena itu gue menyusup ke Supermarketnya dan melakukan"nya" di sana. 
Setelah lega kita pun beli tiket.
Ternyata masih ada sisa waktu, dan kebetulan gue dan Sasa kenalan dengan orang yang bernasib sama dengan kita.

Namanya Mbak Ajeng, dia udah kerja, sedangkan gue dan Sasa adalah dua anak ingusan yang nekat ke Solo. Mbak Ajeng dengan baiknya menggiring kita ke Solo Square. Bagai anak bebek yang mengekor induknya Mbak Ajeng berjalan di depan sedangkan kami berdua di belakang.



Perpisahan pun terjadi di pukul 5 sore. Diakhiri dengan membeli breadtalk dan aku sejujurnya ga mau beli TwT tapi pengen semuanya pada beli. Kita berpisah. Mbak Ajeng naik kereta yang malam sedangkan kita berdua naik yang jam 5.15

Pada akhirnya, gue dan Sasa bisa pulang dan ga jadi punah. WE ARE STILL ALIVE BRO!!!!

Perjuangan dari nyari uang dan mengubek ngubek UNS kemudian jalan digodain tukang becak sampai perjuangan kehabisan tiket kereta api. Akhirnya gue bisa pulang dengan pengalaman seru. Senang juga bisa kenalan dengan orang baru, Pak Arifiin tukang gojek yang ramah, dan tukang gojeknya Sasa yang memberi wejangan berharga :

"Kalau mau masuk UI harus belajar yang rajin... sholat 5 waktu, kalau bisa sholat tahajud, berbakti dengan orang tua,"






Senang juga kenalan dengan Mbak Linda, Tanpa Mbak Linda, entahlah kami bisa pulang apa enggak. Mbak Ajeng juga, seneng bisa nambah followers ig, Mbak Ajeng rajin like post ku yak wkwkwkw

Dan perjalanan ini berakhir. Petualangan Primitif Backpackers volume 1 berakhir di kereta Joko Tingkir di depan mas mas yang headsetan sambil geleng geleng kepalanya. Yow Man!

Comments

Popular posts from this blog

REVIEW FILM PENDEK AGUNG HAPSAH : Agen Resep Rahasia

Aku Ingin Bersyukur,

Omong Kosong Jilid 1